Search This Blog

Wednesday, April 28, 2010

PERKEMBANGAN DUNIA

Dunia telah mengalami berbagai macam fenomena alam yang terus berkembang seiring dengan berputarnya waktu. Bila kita bidik dari segi ilmu pengetahuan geografi tentang sejarah terbentuknya dunia ini, bumi dengan segala isinya, ternyata semua ini erat kaitannya dengan asal mula terbentuknya tata surya.


Begitu banyak ahli-ahli yang mengemukakan pendapatnya mengenai hal tersebut, sehingga bermunculanlah teori-teori yang membahas proses terbentuknya tata surya, yaitu :


1. Teori Kabut
2. Teori planetesimal
3. Teori Pasang Surut
4. Teori Awan Debu (Proto Planet)
5. Teori Bintang Kembar

Dari kelima teori tersebut terdapat suatu perbedaan, hal ini disebabkan perbedaan sudut pandang dan juga pemikiran para ahli tersebut. Namun apabila kita tinjau lebih dalam, ternyata satu sama lain dalam teori-teori itu salang berkaitan.

Berbeda lagi perkembangan dunia dalam ilmu sejarah. Sudut pandang yang ditinjau mengenai kehidupan dunia dalam ilmu ini yaitu mengenai perkembangan manusia. Manusia mengalami perkembangan yang pesat, sehingga dipelajarilah 4 (empat) perkembangan zaman dalam kehidupan manusia, yaitu :

1. Palaeolithikum (batu tua)
2. Mesolithikum (batu madya)
3. Neolithikum (batu muda)
4. Megalithikum (batu besar)

Ternyata apabila kita tinjau segala sesuatu di dunia, tentu semuanya mengalami perubahan dan juga mengalami perkembangan, khusunya yang paling tampak dalam perkembangan itu yaitu ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI.

Ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang dari tahun ke tahun. Dahulu, apabila manusia ingin bertemu dengan manusia lainnya, maka harus selalu bertemu langsung (face to face). Apabila ingin berpergian jauh, maka harus rela berjalan kaki dengan jarak kiloan meter atau cara yang paling cepat yaitu dengan menunggang kuda. Apabila ingin mengumpulkan banyak orang, dapat dilakukan dengan cara membunyikan kentongan. Tapi lihatlah sekarang! Ingin mengetahui kabar atau informasi seseorang bisa dilakukan cukup dengan “Just Calling or SMS” menggunakan HANDPHONE, berpergian menggunkan MOBIL, mengumpulkan orang menggunakan SPEAKER, bahkan yang paling canggih dalam dunia teknologi adalah munculnya INTERNET.

Ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju ini harus kita manfaatkan kelebihannya dengan sebaik-bainya. Dan alangkah baiknya apabila kita terus menggali potensi diri dan menciptakan suatu penemuan baru yang bermanfaat, baik itu dalam ilmu pengetahuan maupun teknologi.

No comments:

Post a Comment